Kemenangan Serikat Buruh yang Sering Terlupakan

 


Oleh:  Abdul Hamid | Sekretaris FSPM Regional Jabodetabek

 

Serikat buruh sangat indentik dengan perjuangan pemenuhan hak-hak pekerja yang tidak diberikan oleh pengusaha. Bahkan keberadaan atau berdirinya serikat buruh di suatu perusahaan tidak lepas dimulai dari adanya hak-hak pekerja yang tidak dipenuhi oleh pengusaha. Kemenangan pertama serikat buruh adalah pada saat terbentuk dan serikat buruh itu berdiri di suatu perusahaan. Serikat buruh harus tetap dipertahankan keberadaannya dan sebanyak mungkin menarik pekerja dapat bergabung menjadi anggota serikat buruh demi kepentingan pekerja.

Dalam perjalanan  serikat buruh di perusahaan, tidak sedikit pencapaian atau perbaikan kondisi kerja yang dilakukan, misalnya: perubahan waktu kerja yang berlebihan menjadi sesuai dengan peraturan yang berlaku, perbaikan upah, dan membuat rasa nyaman kepada pekerja dalam melakukan pekerjaan. Seringkali ketika serikat buruh berhasil memperjuangkan perbaikan kondisi kerja seperti contoh di atas, pengurus serikat buruh tidak menyampaikan kepada seluruh anggota atau pekerja, bahwa perubahan yang terjadi adalah kemenangan yang diperjuangankan oleh serikat buruh atau kemenangan bersama. Kemenangan itu seakan-akan seperti hal yang biasa dan tidak perlu dipublikasikan. Sementara ketika timbul permasalahan atas hak pekerja yang belum terpenuhi, biasanya hanya menjadi tugas pengurus serikat buruh semata untuk menyelesaikannya.

Kemenangan atau pencapaian yang diraih serikat buruh adalah sebuah proses panjang yang dilakukan dengan perencanaan, keterlibatan, dan keberanian dalam mengupayakan sesuatu agar dapat tercapai keberhasilan. Kemenangan serikat buruh harus dapat dirasakan dan menjadi kemenangan masing-masing anggota dan dirayakan secara bersama-sama. Tentunya kemenangan tersebut tidak dirayakan secara berlebihan, tetapi kemenangan itu adalah pesan bahwa dengan serikat buruh, kita dapat melakukan banyak hal.

Sudah semestinya, kemenangan sekecil apapun yang dicapai oleh serikat buruh wajib disampaikan kepada seluruh anggota dan pekerja sebagai kemenangan bersama dan dikenang bersama. Kemenangan tersebut penting untuk dimaknai sebagai pencapaian perjuangan serikat buruh agar anggota dan pekerja menjadi mengerti dan paham pentingnya ada serikat buruh di perusahaan. Ada pepatah lama yang mengatakan, Kemenangan besar tidak akan pernah diraih tanpa meraih kemenangan-kemenangan kecil sebelumnya.

Banggalah berserikat. Hidup Buruh. Berani Berjuang Pasti Menang!

 

 

Dalam dinginnya Bandungan, 29 November 2021, 21:40 wib.


Posting Komentar

© 2013 - 2021 Federasi Serikat Pekerja Mandiri. Developed by Jago Desain