Pelatihan Nasional Jurnalistik bagi Anggota FSPM.


 

Semarang – Sebagai Anggota Federasi Serikat Pekerja Mandiri yang bekerja disektor Hotel, Restoran, Plaza, Apartemen, Retail, Katering, dan Pariwisata Indonesia, menjadi perlu dan penting untuk tahu serta paham apa itu jurnalistik buruh?.

Jurnalistik membutuhkan media, oleh karena  itu, media jurnalistik buruh, selain berfnhsi sebagai pusat informasi berita, namun juga menjadi salah satu alat untuk melakukan propaganda yang sangat diperlukan bagi perjuangan pekerja/buruh. 

Sehubungan dengan hal tersebut di atas, FSPM menyelenggarakan pelatihan nasional bagi anggota yang memiliki minat dalam hal jurnalistik. Pelatihan jurnalistik ini dilaksanakan  pada tanggal 28-30 November 2021 di Bandungan, Kabupaten Semarang.


Jika kau ingin mengenal dunia, membacalah.

Jika kau ingin dikenal dunia, menulislah.


“Harapan dari pelatihan jurnalistik buruh bagi anggota FSPM adalah, agar kedepannya, FSPM mempunyai anggota-anggota yang berkemampuan menulis, memberitakan perjuangan –perjuangan anggota FSPM, dan melakukan propraganda dalam hal kampanye buruh”, ujar Bro Galih Tri Panjalu – Sekretaris  Umum FSPM.      

Dalam pelatihan Nasional Jurnalistik buruh ini, bertindak sebagai Pemateri adalah brother Husain Maulana yang merupakan Koordinator Media dan Propaganda Federasi Serikat Buruh Kerakyatan (F-SERBUK).

Materi pelatihan jurnalistik berfokus pada:

-       Pengantar jurnalistik dan media buruh;

-       Kaidah Jurnalistik;

-       Penajaman penting tentang aktifitas menulis dan membaca sebagai dasar;

-       Praktik membuat Outline dan mengembangkan tulisan;

  

Rencananya, hasil penulisan dari setiap peserta dalam pelatihan Nasional Jurnalistik ini akan dibukukan dan diunggah ke dalam website FSPM, selain sebagai bentuk penghargaan kepada masing-masing peserta, namun juga untuk mendorong seluruh anggota FSPM untuk mulai membudayakan menulis, karena, “jurnalistik buruh itu seperti senapan, dan sebagaimana umumnya senapan, maka ia harus ditembakkan”.





#BerserikatItuMenyenangkan

#FederasiSerikatPekerjaMandiri


Posting Komentar

© 2013 - 2021 Federasi Serikat Pekerja Mandiri. Developed by Jago Desain