Pekerjaan berbahaya para pengemudi pengantaran makanan dan kematian tragis Jasper Dalman.

 


Di usianya yang baru 19 tahun, Jasper Dalman sudah menjadi pengemudi pengantaran makanan Food Panda di Filipina. Ia adalah salah satu pengemudi pertama yang membentuk The United Riders of the Philippines (RIDERS-SENTRO-IUF) cabang Cagayan de Oro City.

Jasper bergabung dalam upaya pengorganisiran The United Riders of the Philippines dan mengikuti pelatihan serikat pekerja. Ia melakukannya dengan harapan memperbaiki mata pencaharian dan kesejahteraan para pengemudi pengantaran dan keluarga mereka.

Ada kegembiraan - energi anak muda - dalam kemungkinan akan dibayar dengan layak dan bekerja dengan penuh martabat. Yang paling penting adalah keamanan yang akan diperjuangkan serikat, termasuk komitmen untuk memperjuangkan hak atas asuransi kesehatan dan asuransi kecelakaan yang berkualitas. Seperti jutaan pengemudi pengantaran lainnya, tempat kerja Jasper adalah sepeda dan sepeda motornya - melakukan pengantaran dan kembali dari pengantaran. Untuk dapat melakukan ini dengan aman, perusahaan seperti Food Panda harus bertanggung jawab dan mengakui hak-hak pengemudi atas tempat kerja yang aman. Ini juga berarti mengakhiri sistem yang kejam, penuh tekanan dan tidak aman yang membahayakan pengemudi.


Jasper tewas dalam kecelakaan lalu lintas yang mengerikan pada 19 Februari 2023, saat bekerja.

Kematian Jasper adalah contoh tragis dari kerentanan para pengemudi pengantaran. Pengemudi bekerja dalam kondisi yang sangat berbahaya - terjebak di antara dorongan tanpa henti dari perusahaan pengantaran untuk keuntungan (memeras segalanya dari pengemudi menggunakan alogaritme dan bayaran yang tidak adil) dan permintaan pelanggan yang tidak masuk akal untuk pengantaran yang cepat.

Ditambah lagi penolakan perusahaan pengataran seperti Food Panda untuk memberikan asuransi kesehatan dan asuransi kecelakaan. Ini adalah asuransi yang sangat penting bagi pengemudi di tempat kerja mereka. Sudah terlalu lama para pengemudi yang terlibat kecelakaan lalu lintas dipaksa untuk menanggung biaya medis mereka sendiri atau bergantung pada santunan perusahaan pengantaran yang sporadis dan tidak dapat diprediksi. Dan dalam kasus kematian di tempat kerja, keluarga Jasper tidak mendapatkan apa-apa.

Kami tidak akan mengatakan Jasper tidak meninggal sia-sia dan akan menyerukan asuransi yang berkualitas dan pekerjaan yang aman. Kami tidak akan mengatakan bahwa kami akan memenuhi aspirasinya untuk pekerjaan yang layak dan bermartabat. Mungkin nanti sebagai penghormatan untuk Jasper kami bisa mempertimbangkan untuk mengatakan hal seperti itu. Untuk saat ini, kami masih sangat berduka.

Yang bisa kami katakan adalah kami sangat kehilangan Jasper akibat kondisi berbahaya yang disebabkan oleh perusahaan pengantaran. Kematiannya bisa dicegah, bisa dihindari, dan itu bukanlah suatu kecelakaan. Ia dibunuh oleh tempat kerja yang tidak aman. Dan kita harus menghentikan ini.


Baca artikel asli di sini

https://iufap.org/2023/02/22/pekerjaan-berbahaya-para-pengemudi-pengantaran-makanan-dan-kematian-tragis-jasper-dalman/


Posting Komentar

© 2013 - 2021 Federasi Serikat Pekerja Mandiri. Developed by Jago Desain