Peringatan Hari Ibu 2022, FSPM Menggelar Pelatihan bagi Komite Perempuan FSPM Regional Jabodetabek.



JAKARTA - Menjelang akhir tahun sebagai penutup agenda 2022  dan   mengambil   momentum peringatan “Hari Ibu” tanggal 22 Desember 2022, FSPM  mengadakan pelatihan Gender  bagi  Komite Perempuan FSPM Regional Jabodetabek dimana  ini merupakan pelatihan lanjutan  dari  pelatihan  Komite Perempuan Nasional  di Yogyakarta  pada tanggal 10-11 Desember 2019 silam mengenai KBG (Kekerasan Berbasis Gender) di dunia kerja.

Pelatihan Gender ini memberikan gambaran  tentang kondisi perempuan dan laki-laki didunia kerja. Di sisi lain masih banyak bidang yang masih menempatkan perempuan jauh di bawah laki-laki. Perempuan dengan segala problematikanya memiliki sejarah yang panjang , dimana perempuan selalu diposisikan di bawah laki-laki.

Kondisi tersebut karena pengaruh budaya, adat istiadat, dan agama yang sangat kuat sekali mengikat membuat perempuan terkungkung. Berdasarkan budaya perempuan diperankan hanya sebagai teman belakang yaitu posisinya di belakang kaum laki-laki.

Informasi yang disajikan dalam pelatihan kali ini  mencakup berbagai aspek antara lain  sumber daya ekonomi,  pasar tenaga kerja, kondisi pasar tenaga kerja, keterlibatan perempuan dalam dunia usaha serta rekonsiliasi antara bekerja dan tanggung jawab keluarga

Hasil dari pelatihan ini, melalui informasi yang disampaikan diharapkan dapat mempermudah para anggota Serikat Pekerja khususnya Komite Perempuan  dalam membuat program yang tepat sehingga memberdayakan kaum perempuan dan mengakhiri kesenjangan ekonomi antara laki-laki dan perempuan dilingkungan kerja.

Majelis Umum FSPM Tahun 2021 telah mengadopsi RESOLUSI#9 :  MENCIPTAKAN LINGKUNGAN KERJA YANG BEBAS DARI KEKERASAN BERBASIS GENDER.

Satu dari tiga isi resolusi tersebut menyatakan:

“Rapat Majelis Umum FSPM 2021 mendukung penuh Kampanye Nasional tentang pentingnya Konvensi ILO No.190 Tahun 2019 tentang Penghapusan Kekerasan dan Pelecehan di dunia kerja untuk segera diratifikasi oleh Pemerintah Indonesia.”

 

FSPM akan mengadakan pelatihan lanjutan mengenai KBG (Kekerasan Berbasis Gender) kepada regional-regional lainnya serta terus mendukung Kampanye Nasional mengenai  Konvensi ILO No.190 Tahun 2019 tentang Penghapusan Kekerasan dan Pelecehan di dunia kerja untuk segera diratifikasi oleh Pemerintah Indonesia.


Posting Komentar

© 2013 - 2021 Federasi Serikat Pekerja Mandiri. Developed by Jago Desain