Pendidikan Lanjutan bagi Anggota FSPM Regional Jawa Timur dan FSPM Regional D.I.Yogyakarta – Jawa Tengah serta FSBMM Regional Timur




SURABAYA – Pendidikan dan pelatihan bagi Anggota FSPM dilaksanakan kembali pada hari ini (03/02/2022). Kali ini dilakukan bagi Anggota FSPM yang berada di Regional Jatim dan DIY-Jateng serta saudara federasi yakni Federasi Serikat Buruh Makanan dan Minuman (FSBMM) Regional Timur yang dilaksanakan di Surabaya.

Materi pendidikan bagi dua regional ini adalah sama seperti yang telah dilakukan bagi Regional Jabodetabek di Jakarta pada tanggal 27 Januari 2022 yang lalu yakni Pelatihan Pengorganisasian.

 

Baca juga | Pendidikan dan Pelatihan Pengorganisasian bagi DPA untuk Serikat Pekerja Anggota Restoran dan Fastfood

 

Serikat Pekerja Anggota sebagai peserta pendidikan dan pelatihan tersebut adalah:

FSPM Regional Jatim : SPM Surabaya Suite Surabaya; SPM PT. Puri Pacific Intiland- Arcadia Surabaya; SPM Novotel Surabaya; SPM PT.Panca Boga Paramita Regional Jatim.

FSPM Regional DIY-Jateng : SPM Sheraton Mustika Yogyakarta; SPM Hyatt Regency Yogyakarta; SPM Ibis Yogyakarta Malioboro; SPM Amanjiwo Borobudur Magelang; SPM Grand Candi Semarang; SPM PT.Sarimelati Kencana-Pizza Hut Regional Joglosemar.

FSBMM Regional Timur: Serikat Buruh Nestle Indonesia Kejayan, Serikat Buruh Nestle Indonesia Gempol, Serikat Pekerja PT.Indolakto Pandaan.

Acara yang difasilitasi langsung oleh Sekum FSPM ini  diawali dengan me-review  kembali tentang “Dua Kepentingan ditempat Kerja/Relasi Kuasa (Pekerja dan Pengusaha)”; “ Mengapa Berserikat?”; “Bagaimana Serikat Pekerja Yang Kuat itu?”.

Lebih dalam di pelatihan hari ini, para peserta dibekali dengan Skill Organiser (yakni: Mendengarkan dan Berbicara, Mencatat, Melakukan Pemetaan, Memahami Aturan Ketenagakerjaan, Menciptakan Pemimpin Serikat).

Tetapi sebelum masuk ke dalam poin skill organiser, peserta diharapkan bisa “Mengorganisir Diri Sendiri”, yakni disiplin untuk:

·         meluangkan waktu beberapa jam seminggu untuk mengorganisir,

·         aktif membuat catatan,

·         membuat rancangan kerja,

·         aktif mendengarkan,

·         menjalankan rancangan kerja.

 

Output dari pelatihan pengorganisasian ini agar peserta setelah kembali ketempat kerja lebih yakin dan percaya diri dalam melakukan kerja-kerja pengorganisasian di internal tempat kerja dan eksternal diluar tempat kerja sehingga penambahan anggota FSPM cukup signifikan.


Posting Komentar

© 2013 - 2021 Federasi Serikat Pekerja Mandiri. Developed by Jago Desain