Afiliasi IUF di Indonesia “Mengepung” Kantor Kedutaan Kamboja di Jakarta Selatan



JAKARTA – Federasi Serikat Serikat Pekerja Mandiri (FSPM) dan FSBMM (Federasi Serikat Buruh Makanan dan Minuman) melakukan aksi pada hari ini (07/02/2022) tepat didepan kantor Kedutaan Kamboja didaerah Pejaten Barat Raya Jakarta Selatan.


Brother Dwi Haryoto-Presiden FSBMM dan Brother Husni Mubarok-Presiden FSPM


FSPM dan FSBMM yang merupakan afiliasi IUF di  Indonesia melakukan aksi protes atas apa yang dialami oleh kawan-kawan Serikat NagaWorld LRSU Kamboja. Bahkan para pemimpin serikatnya dipenjarakan oleh pihak Kepolisian Kerajaan Kamboja.


Baca juga | Pekerja yang mogok mencela kampanye misinformasi manajemen NagaWorld, menyerukan pembebasan para pemimpin yang ditangkap dan pemulihan hak-hak serikat pekerja 


“Kami sungguh menyayangkan atas apa yang dialami oleh kawan-kawan kami di Kamboja, mereka (para pemimpin serikat) memperjuangkan hak pekerja tetapi berujung penjara”, ujar M.Husni Mubarok-Presiden FSPM.

Selain FSPM dan FSBMM, aksi protes didepan kantor Kedutaan Kamboja juga didukung oleh massa aksi dari Federasi Serikat Buruh Kerakyatan Indonesia (F-SERBUK Indonesia) yang merupakan afiliasi dari Building Workers International (BWI) dimana IUF dan BWI sama-sama tergabung ditingkat internasional dalam Global Union Federation (GUF) atau Federasi Serikat Pekerja Global.

Massa aksi yang berjumlah lebih dari seratusan orang tersebut menuntut agar Pemerintah Kerajaan Kamboja agar berkonsentrasi dan menjadi penengah yang adil khususnya untuk kepentingan pekerja dan segera membebaskan para pemimpin Serikat NagaWorld LRSU Kamboja dan menjamin hak-hak berserikat kepada kawan-kawan Serikat NagaWorld LRSU Kamboja.


Presiden FSPM dan Presiden FSBMM menyerahkan surat tuntutan kepada staf Kedutaan



Tidak hanya dilakukan di Indonesia, aksi serupa juga dilakukan oleh serikat pekerja- serikat pekerja dan federasi serikat pekerja- federasi serikat pekerja yang terafiliasi dengan IUF seperti di Australia (UWU and allies), UK, USA (Unite Here and APALA), dan Thailand, mereka mendatangi kantor Kedutaan Kamboja dimasing-masing negara dimana serikat pekerja atau federasi serikat pekerja tersebut berada. 

 

#LaborRightsKH

#Cambodia

#SEHK3918@NagaWorld









Posting Komentar

© 2013 - 2021 Federasi Serikat Pekerja Mandiri. Developed by Jago Desain