Akhirnya Kawanku Menyesal telah Mengambil Program Pensiun Dini; Kesalahan yang Harus Dihindari jika Anda Belum Siap akan “Hal” Itu.



Oleh : Ali Prasetyo | Sekretaris FSPM Regional DIY-Jateng

 

Saat Dia (kawanku) berada di situasi yang mengharuskan untuk mengambil pensiun dini, Dia meng-iyakan saja tanpa berpikir panjang sebenarnya banyak hal yang harus diketahui dan dipahami dengan baik.


Dalam mengambil keputusan untuk pensiun dini, pastikan tidak melakukan kesalahan-kesalahan di bawah ini (sumber:qoala.com) :

 

·         Tidak Memiliki Langkah Selanjutnya yang Jelas

 

Apa yang akan dilakukan setelah pensiun? Pensiun dini bukan hanya sekedar mempersiapkan biaya kehidupan setelah berhenti bekerja tetapi juga langkah apa saja yang akan dilakukan. Kesalahan yang banyak dilakukan oleh pekerja yang ingin pensiun dini adalah tidak tahu mau apa di kemudian hari.

 

Jika memutuskan tidak akan lagi bekerja sebagai pekerja, pastikan Anda memiliki kegiatan yang bisa menghasilkan uang seperti berinvestasi, memulai bisnis, atau menjadi pekerja lepas sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

 

·         Pekerjaan yang Masih Belum Jelas setelah Pensiun Dini

 

Memiliki gambaran tetapi masih belum jelas? Ini juga termasuk kesalahan yang harus dihindari oleh pekerja yang mengambil pensiun dini. Mungkin melihat banyak lowongan kerja atau peluang untuk mendapatkan uang dengan berbagai cara seperti memulai bisnis, bergabung dengan bisnis, investasi, atau lainnya. Akan tetapi, tidak mau memulai semuanya entah karena tidak percaya diri atau gengsi.

 

Sebanyak apapun ide yang ada di kepala, semua tidak ada gunanya jika tidak merealisasikannya. Jadi, sebelum pensiun dini, pastikan memiliki pekerjaan yang jelas.

 

·         Tidak Mempersiapkan Keuangan dengan Baik

 

Pensiun berarti tidak lagi memiliki penghasilan, jadi tidak akan lagi mendapatkan penghasilan rutin. Jika tidak menyiapkan keuangan di waktu menganggur atau sebelum mendapatkan pekerjaan baru, ini tentu akan menjadi sebuah masalah.

 

Apabila merasa kondisi keuangan masih belum siap, akan lebih baik untuk mempertimbangkan kembali keputusan untuk pensiun dini. Atau setidaknya tunggu hingga mendapatkan pekerjaan baru. Meskipun memiliki tabungan, tapi lambat laun uang tabungan akan semakin menipis sedangkan kebutuhan tetap harus dipenuhi.

 

·         Tidak Memotivasi Diri

 

Pensiun dini bukan berarti akan berleha-leha, karena perjalanan hidup masing panjang. Usia bukan halangan untuk memulai sesuatu yang baru seperti investasi atau bisnis. Untuk hal tersebut, harus memiliki motivasi yang lebih untuk maju dan berkembang.

 

·         Tidak Meningkatkan Kemampuan dan Kompetensi

 

Dunia kerja memiliki ritme yang semakin cepat sehingga membutuhkan orang-orang yang memiliki kemampuan dan kompetensi yang tinggi. Sudah seharusnya meningkatkan kemampuan dan kompetensi agar bisa memenuhi kebutuhan industri dunia kerja dengan mempertahankan hak.

 

Hati-hati, sekarang ini banyak sekali perusahaan justru yang menawarkan dan iming-iming program pensiun dini. Dan yang manjadi target adalah pekerja tetap dengan masa kerja diatas 10 tahun, yang mana setelah pekerja tetap yang mengambil pensiun dini akan digantikan dengan pekerja kontrak dan pekerja harian. Bahkan tidak sedikit pula pekerja yang pensiun dini tidak digantikan dengan pekerja baru, yang mana menambah beban pekerjaan teman-teman Anda yang masih bekerja disana.

Perlu diingat juga bahwa setelah tidak lagi bekerja, maka otomatis hak atas biaya kesehatan Anda dan keluarga yang menjadi tanggungan akan hilang.

Belum lagi post power syndrome akan menyertai, karena Anda akan kehilangan kebiasaan dalam pekerjaan dan kehilangan berinterkasi dengan kawan-kawan sesama pekerja, karena sebagai makhluk sosial hal ini akan mempengaruhi Anda. 

Jangan tergiur dengan nilai kompensansi pensiun dini jika Anda belum siap pasca tidak bekerja lagi. Banyak contoh nyata bahwa alih-alih akan berbisnis / memulai usaha tetapi ujung-ujungnya ternyata malah bankrut. Seperti halnya yang dialami oleh kawanku.

 

…Akhirnya Kawanku Menyesal telah Mengambil Program Pensiun Dini.


Posting Komentar

© 2013 - 2021 Federasi Serikat Pekerja Mandiri. Developed by Jago Desain